Organisasi, Yes or No?

Pada Hari Minggu, 15 Agustus 2021, telah berlangsung kegiatan diskusi online oleh Koperasi Mahasiswa FBE UII yang bertema tentang organisasi, dengan dua pemateri yaitu Saudari Aulia Hanifah, yang merupakan pengawas KOPMA FBE UII pada periode 2020/2021 dan Saudari Nining Sulastri, yang merupakan Assurance Service pada Ernst & Young (EY)

Kegiatan diskusi ini diawali dengan penyampaian materi dari Saudari Aulia Hanifah yang menjelaskan mengenai organisasi, terutama organisasi saat pandemi serta tentang bagaimana pengelolaan waktu yang baik. Terdapat beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam pemaparan mengenai organisasi saat pandemi, diantaranya adalah, pelaksanaan kegiatan operasional, memanfaatkan momen daring dengan baik, perlu adanya komitmen dari masing-masing individu, adanya delegasi kekuasaan, perlu adanya keterbukaan antara satu dengan yang lainnya, hubungan internal antar pengurus dan yang terakhir adalah pentingnya 3 kata cinta yang harus diucapkan yaitu “tolong”, “maaf”, “terima kasih”. 

Kemudian, Saudari Aulia juga menjelaskan mengenai bagaimana pengelolaan waktu yang baik. Garis besar dari penjelasan tersebut adalah, perlu adanya tujuan/goals, membuat jadwal rutinitas (harian, mingguan, bulanan), perlu adanya komitmen dengan diri sendiri dalam alokasi waktu untuk organisasi, dan juga sangat penting untuk melakukan manajemen stres. 

Pada sesi yang kedua, dilanjutkan oleh Saudari Nining yang merupakan salah satu alumni dari FBE UII yang dulunya juga bergabung dalam KOPMA FBE UII. Hampir sama dengan sesi yang pertama, pada pemaparan kali ini juga membahas mengenai organisasi, namun lebih mengarah pada manfaat organisasi pada dunia kerja nantinya. Dalam sesi ini, Saudari Nining membagikan pengalamannya sewaktu masih menjadi mahasiswa, hingga pengalamannya saat ini yang sudah bekerja pada perusahaan jasa profesional yang merupakan salah satu dari the Big Four auditors, yaitu E&Y. Beliau menjelaskan bahwa organisasi sangat penting bagi kita saat nanti telah terjun kedalam dunia kerja. Beberapa manfaatnya yaitu, memperkaya pengalaman terutama jika organisasi sesuai dengan bidang pekerjaan yang kita inginkan, memperkaya relasi, meningkatkan skill (soft skill dan technical), upaya implementasi ilmu yang didapat dalam perkuliahan, dan membantu untuk stand out saat wawancara pekerjaan. 

Saudari Nining juga menyampaikan bahwa perlu adanya keseimbangan dalam akademik dan organisasi, karena IPK yang bagus dapat membantu kita melewati tahap pertama seleksi pekerjaan.

Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diskusi dapat menambah wawasan dan pengetahuannya mengenai organisasi dan time management yang baik, serta diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi dari para anggota KOPMA FBE UII maupun alumni yang telah bergabung pada diskusi kali ini.

BRAVO KOPMA!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*