Mengatasi Kesulitan Fokus Dalam Belajar

ilustrasi: https://aliabdaal.com/how-to-study-revision-masterclass/

Sebagai pelajar maupun mahasiswa belajar merupakan hal yang sangat lumrah. Motivasi dari belajar pada masing-masing orang juga pastinya berbeda. Namun, dalam menghadapi tantangan belajar hampir setiap orang mengalami masalah yang hampir sama yaitu, mengatur fokus dalam belajar. Fokus ini sangat diperlukan dalam belajar guna bisa memahami apa yang harus dipahami. Maka, jika seseorang kehilangan fokus atau tidak dapat fokus dalam belajar, akan sulit bagi orang itu untuk dapat memahami apa yang dipelajari dan berakhir membuang waktu tanpa mendapatkan hasil yang maksimal. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga fokus dalam belajar.

Eliminasi distraksi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan segala bentuk distraksi yang dapat mengganggu. Distraksi ini bisa dalam bentuk pikiran diri sendiri maupun hal-hal yang ada disekitar. Untuk hal-hal yang berada di sekitar kita contoh mudahnya adalah ponsel. Maka hal ini bisa dieliminasi dengan cara memindahkan ponsel tersebut ke tempat yang sulit dijangkau atau dimatikan. Namun, untuk distraksi yang muncul dalam pikiran mungkin akan lebih susah, walaupun begitu tetap ada beberapa cara untuk dapat menghilangkan distraksi dari dalam pikiran.

Gunakan aturan tiga detik untuk membantu anda mengembalikan fokus jika ada distraksi yang muncul dari dalam pikiran. Caranya adalah di saat pikiran mulai terpecah maka dengan segera hitunglah angka satu hingga tiga dengan tujuan menyadarkan kembali apa yang harusnya difokuskan pada saat itu. 

Berbeda kasusnya jika yang mengganggu fokus adalah pikiran tentang hal-hal penting yang akan dilakukan, seperti tugas atau pekerjaan yang harus dikerjakan. Maka, untuk hal ini dapat diatasi dengan membuat catatan kecil untuk mencatat hal-hal penting yang tiba-tiba muncul dalam pikiran. Dengan begitu pikiran bisa kembali fokus dan hal-hal penting yang akan dilakukan tidak terlewat atau lupa. 

Target yang jelas

Sama seperti seorang pelari, mereka membutuhkan target jarak yang jelas supaya mereka dapat fokus dan termotivasi untuk mencapai jarak yang harus ditempuh. Maka, dalam belajar pun sama, target yang jelas pasti juga akan meningkatkan fokus kita. Contohnya seperti menentukan materi apa yang harus dikuasai, maupun berapa soal yang akan dikerjakan dalam rentang waktu tertentu. Tentunya dengan hal itu motivasi dalam belajar akan meningkat serta menambah fokus.

Persepsi “tenggal sedikit lagi”

Persespsi ini dapat sangat membantu, terutama bagi orang-orang yang tidak suka apabila suatu hal terasa “tanggung” untuk diselesaikan. Persepsi ini bisa dikaitkan dengan aturan sebelumnya, dengan cara membuat suatu persepsi bahwa tugas sebentar lagi akan selesai. Hal ini dapat meningkatkan fokus dengan alasan untuk bisa menyelesaikan tugas sesuai dengan target.

Istirahat

Rest is for people who work”  adalah suatu kalimat yang diberikan kepada orang-orang yang tidak pernah memikirkan dirinya sendiri untuk beristirahat dari pekerjaan mereka. Padahal istirahat merupakan suatu hal yang sangat penting untuk meningkatkan performa kita ketika bekerja. Maka secara tidak langsung, dengan istirahat  otomatis fokus yang ada dalam diri dapat meningkat sehingga menghasilkan hasil kerja yang optimal dan maksimal.

– MHF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*