Explore Your Talk Skills and Upgrade Your Quality

sumber foto: dokumentasi HUMAS

Explore Your Talk Skills and Upgrade Your Quality” adalah tema yang dijadikan bahan diskusi online pada hari Kamis, 14 Desember 2020 yang lalu. Pada diskusi online kali ini KOPMA FBE UII mengundang dua pembicara yang ahli di bidang public speaking yaitu, Ika Rizky Fauziah Abdullah, mantan Ketua Umum KOPMA UGM 2019/2020 dan Muhammad Rosyid Ridho, Ketua Pengawas KOPMA FBE UII 2020/2021. 

Kegiatan dimulai sejak pukul 19.30 yang langsung diisi oleh Muhammad Rosyid Ridho selaku pemateri pertama. Materi yang disampaikan oleh Muhammad Rosyid Ridho berisi tentang pengetahuan-pengetahuan mengenai public speaking, mulai dari pengertian secara umum hingga tips dan trik untuk bisa jago dalam public speaking

Materi kemudian dilanjutkan oleh Ika Rizky Fauziah Abdullah atau yang akrab disapa Iwak dengan pembawaan yang tidak kalah penting tentunya. Materi yang disampaikan secara garis besar cukup mirip, tapi dengan sudut pandang yang berbeda. Salah satunya dari Muhammad Rosyid Ridho yang memberitahu kapan public speaking itu sebaiknya digunakan bagi mahasiswa, sedangkan dari Ika Rizky Fauziah Abdullah (gausa pake kak? ganti nama lengkap aja?) menjelaskan dengan lingkup yang lebih luas lagi yaitu, tidak hanya kita sebagai mahasiswa, tapi juga dalam suatu kondisi-kondisi yang lain. 

sumber foto: dokumentasi HUMAS

Penyampain materi diakhiri kedua pemateri dengan sama-sama memberikan tips dan trik untuk dapat melakukan public speaking dengan baik. Secara garis besar, kedua pemateri  ingin menyampaikan untuk bisa melakukan public speaking dengan baik perlu diperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Mempersiapkan hal-hal penting sebelum melakukan public speaking, salah satunya dengan menguasai materi, mental, dan kesehatan.
  2. Memahami teknik-teknik yang benar ketika public speaking seperti artikulasi, penekanan dalam berbicara serta memperhatikan volume suara.
  3. Memperhatikan waktu dan mengatur tempo berbicara dengan baik.
  4. Memperhatikan juga non-verbal communication seperti gerak tubuh dan hal-hal yang tampak secara fisik dari pembicara.
  5. Selalu lakukan evaluasi setelah selesai melakukan public speaking.

Di penghujung acara, dilakukan sesi tanya jawab dari para peserta kepada pemateri yang berlangsung cukup menarik. Diskusi kemudian ditutup sekitar pukul setengah sepuluh malam dengan foto bersama.

-MHF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*