Ada Apa Dengan Kopma (AADK) season 1

Sabtu, 10 April 2021 yang lalu, KOPMA FBE UII mengirimkan delegasi untuk menghadiri salah satu acara yang diadakan oleh FKKMI BPW V DIY. FKKMI ialah singkatan dari Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia. FKKMI ini didirikan sebagai wadah untuk menampung dan merumuskan informasi kepada Koperasi Mahasiswa se-Indonesia, pusat pendidikan, penelitian dan pengembangan, kaderisasi, dan pembinaan.

FKKMI memiliki bidang Komunikasi dengan salah satu program kerjanya yaitu Ada Apa Dengan Kopma atau bisa disebut “AADK” dimana untuk mewadahi silaturahmi dan diskusi bagi ketua umum koperasi mahasiswa se-DIY dan membahas permasalahan serta isu yang ada di koperasi dan koperasi mahasiswa dengan tema “Semangat Bangkit, Tunjukkan Kreativitas”. Dengan diadakannya kegiatan ini, harapannya dapat menjadi wadah diskusi untuk menjalin silaturahmi dan mencari jalan keluar dari isu-isu permasalahan yang ada seperti menyikapi wacana kuliah offline di bulan Juli bagaimana kopma mempersiapkan diri baik dari usaha maupun mengaktifkan kegiatan untuk anggota kopma.

Acara dimulai pukul 08.00 dengan pembukaan yang berisi sambutan dari KORWIL FKKMI BPW V DIY yaitu, Vina Nurfadzilah. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan AADK secara singkat yang langsung dilanjutkan dengan acara inti yaitu penyampaian materi dari bang Albert. Bang albert menyampaikan materi tentang bagaimana cara bangkit dari keterpurukan dalam situasi pandemi covid 19 saat ini. Beberapa poin penting yang didapat untuk dapat bangkit dalam keterputukan ialah:

1. Gather information

Mencari informasi tentang apa yang kita punya? kebijakan baru apa yang ada? Keunggulan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman kita?

2. Set plan

Mengatur rencana dengan mempertimbangkan hal seperti kegiatan apa yang masih relevan? kegiatan seperti apa yang bisa membangkitakan semangat berkoperasi lagi?

3. Find the right person

Memilih orang yang tepat dengan mempertimbangkan kemampuannya, kompetensi, serta rasa tanggung jawabnya.

4. Health protocol

Terus mengikuti protokol kesehatan dalam rangka mencegah covid 19.

Kegiatan kemudian diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang berisi tentang permasalahan yang dihadapi masing-masing KOPMA. Mayoritas memiliki masalah yang hampir sama yaitu, dalam kondisi pandemi covid seperti ini banyak dari pengurus yang merasa kesusahan dalam mengajak anggotanya untuk dapat berpartisipasi aktif di dalam KOPMA. Setelah sesi diskusi selesai, acara ditutup dengan foto bersama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*