Ada Apa Aja Sih Simpanan Dalam Koperasi??

Ilustrasi: Instagram KOPMA FBE UII

Haii kopmania! Apa kabar? Semoga baik-baik saja dan sehat selalu yaa. Kali ini admin mau sedikit sharing nih ke temen-temen semua tentang simpanan yang ada di KOPMA, baik secara umum maupun khusus KOPMA FBE UII.

Nah sebelumnya pada tau ngga sih apa itu simpanan?

Jadi secara umum simpanan itu terbagi menjadi tiga nih, apa aja itu?

Simpanan Pokok: simpanan yang di bayar sekali pada saat mendaftar menjadi anggota. Besarnya simpanan bergantung dari hasil kesepakatan pengurus dan anggota koperasi. Simpanan hanya bisa di ambil kembali ketika keluar dari keanggotaan Koperasi

Simpanan Wajib: simpanan yang wajib di bayar sebulan sekali. Besarnya simpanan bergantung dari hasil kesepakatan pengurus dan anggota koperasi. Simpanan hanya bisa di ambil kembali ketika keluar dari keanggotaan Koperasi. 

Simpanan Sukarela: simpanan yang besarnya tidak di tentukan, tetapi bergantung kepada kemampuan anggota. Simpanan sukarela dapat di setorkan dan diambil setiap saat.

Lalau bagaimana sih KOPMA FBE UII mengatur simpanannya?

Simpanan pokok, sesuai dengan penjelasan hanya dibayar sekali disaat pendaftaran menjadi anggota baru KOPMA FBE UII. Nominal yang ditetapkan berjumlah sebanyak 30.000 rupiah. 

Untuk simpanan wajib, KOPMA FBE UII menetapkan nominal sebesar 3.000 rupiah yang wajib dibayarkan setiap bulannya. 

Terakhir, simpanan sukarela dibayarkan dengan nominal yang bebas namun KOPMA FBE UII membatasi nominal sebesar 500.000 rupiah. Simpanan ini bisa bebas dibayarkan kapanpun atau tidak terikat oleh waktu.

Semua nominal yang ditetapkan ini telah diatur di dalam Anggaran Rumah Tangga KOPMA FBE UII. Nah buat yang belum tau nih Anggaran Rumah Tangga merupakan keseluruhan dari rangkaian aturan yang mengatur secara langsung jalanya kehidupan dalam koperasi dan juga mengatur tentang hubungan antara koperasi sebagai organisasi dengan para anggotanya.

 

– MHF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*