Resolusi Awal Tahun Sepenting Apa Sih?

ilustrasi: google.com

Pergantian tahun selalu identik dengan yang namanya resolusi. Ibarat kata, rasanya kurang lengkap apabila menyambut awal tahun tanpa menyusun resolusi. Berdasarkan definisi yang ditulis Kamus Cambridge, resolusi tahun baru adalah janji yang dibuat pada diri sendiri untuk memulai sesuatu yang baik dan menghentikan kebiasaan yang buruk mulai dari hari pertama di tahun baru. Lalu sepenting apakah resolusi ini?

Sebenarnya semua tergantung bagaimana cara kita memandang resolusi itu sendiri. Beberapa orang membuat resolusi supaya mereka memiliki target untuk dikejar di tahun tersebut, tapi tidak jarang juga bahwa orang-orang membuat resolusi lalu beberapa bulan kemudian mereka lupa akan resolusi tersebut dan mengabaikannya begitu saja.

Maka membuat resolusi itu dikatakan penting apabila kita bersungguh-sungguh untuk mencapai atau menjalankan resolusi yang kita buat, tidak hanya sekedar membuat suatu resolusi lalu melupakannya. Seperti jika melakukan perjalanan tanpa tujuan, jika tidak ada resolusi atau target yang ingin diraih, maka kita tidak akan mengerti kemana kita harus melangkah.

Adapun jika kita tidak bisa mencapai target yang kita buat, setidaknya kita sudah melangkah untuk mencapai ke arah tujuan yang sudah kita buat tersebut. Berbeda jika kita tidak membuat suatu tujuan, langkah yang kita buat mungkin tidak akan sama maksimalnya dibanding dengan kita yang membuat suatu tujuan, bahkan bisa saja kita tidak melangkah sama sekali karena kita tidak mengerti arah mana yang harus dituju.

Pada akhirnya yang terpenting adalah bagaimana kita membuat suatu tujuan yang bisa mengarahkan kita untuk menjadi lebih baik dari kita yang sebelumnya. Jadi buatlah tujuan. Tidak hanya saat tahun baru saja, tapi buatlah tujuan disaat kita memang menginginkan suatu pencapaian.

 

sumber: https://www.its.ac.id/news/2020/01/01/resolusi-tahun-baru-penting-atau-tidak

 

-MHF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*