Menabung Efektif untuk Persiapan Masa Depan

Sebagian orang mungkin telah menyadari betapa pentingnya untuk menabung sedari dini, namun sebagian yang lain masih menganggap bahwa menabung adalah hal yang sepele sehingga enggan untuk memulai menabung. Semakin bertambahnya usia, kita akan semakin merasakan betapa pentingnya menabung. Apalagi jika kita sudah memasuki fase-fase akhir perkuliahan, sedikit atau banyak pasti muncul perasaan kurang nyaman jika masih harus meminta pada orang tua. Selain itu, jika kita adalah anak rantau, suatu saat pasti muncul masalah atau suatu hal yang membutuhkan dana didalamnya. Saat kita berada pada situasi-situasi tersebut, kita akan merasakan betapa pentingnya untuk memiliki tabungan.

Selain itu, menabung bukan hanya sekedar untuk menyimpang uang yang kita miliki. Namun terdapat banyak manfaat lain yang dapat kita peroleh. Misalnya, kita bisa menjadi terbiasa untuk me-manage keuangan kita sedari dini, belajar menjalani hidup yang lebih hemat, belajarr menjadi lebih mandiri, dan masih banyak manfaat lain yang dapat kita peroleh.

Nah, ini dia beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memulai menabung yang mana cara-cara ini cukup efektif untuk dilakukan.

  1. Gunakan Sistem Tanggal

Cara yang pertama ini cukup menyenangkan karena kita akan menyisihkan uang dengan cara terbalik dari tanggal. Misalnya jika dalam sebulan terdapat 30 hari, maka pada tanggal 1 kita harus menabung sebesar Rp 30.000. Selanjutnya pada tanggal 2 kita harus menabung sebesar Rp 29.000, dan seterusnya. Jangan lupa untuk tetap konsisten melakukannya tiap bulan agar dapat berubah menjadi kebiasaan.

  1. Cara Menabung dengan 20.000

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan sistem menabung 20.000, yaitu dengan menyimpang setiap uang Rp 20.000 yang kita miliki. Jadi, misal dalam dompet atau tas kita ditemukan ada uang Rp 20.000, maka uang tersebih harus ditabungkan. Namun, jika terasa berat, kita dapat menurunkan nominalnya.

  1. Menabung Uang Receh

Cara menabung yang keempat yaitu dengan menabung uang receh. Seperti pepatah, sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit. Maka cara menabung ini sesuai dengan pepatah tersebut. Walaupun yang kita tabungkan adalah uang receh dengan nominal kecil, namun jika kita berkomitmen untuk menabung, kumpulan dari uang receh tersebut dapat bernilai besar dikemudian hari loh. Sediakan tempat yang cukup dengan lubang kecil agar kita tidak mudah tergoda mengambil uang tersebut.

  1. Cari Motivasi Menabung

Dalam segala hal, motivasi merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki untuk mendukung kita dalam mencapai goals yang kita inginkan. Termasuk menabung. Menabung akan lebih ringan dan mudah dilakukan jika kita memiliki motivasi yang kuat. Misalnya dengan membuat target menabung untuk tujuan tertentu seperti membeli aset ataupun membeli barang yang sudah lama kita inginkan.

  1. Menabung Uang Kertas Kecil

Segala sesuatu dapat dimulai dari hal kecil, temasuk menabung. Mulailah dengan menabung uang kertas nominal kecil, namun harus tetap konsisten melakukannya.

Apapun cara menabung dan berapapun jumlah uang yang kita tabungkan, tentu akan sangat berguna untuk masa depan kita. Jadi, yuk kita mulai kebiasaan baik ini dari sekarang! Semoga bermanfaat ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*