JAMBORE KOPMA NASIONAL 2019

Beberapa waktu lalu, KOPMA FE UII mengirimkan delegasinya untuk mengikuti Jambore Kopma Nasional (JAMKOPNAS), tepatnya pada tanggal 15-19 September 2019. Apa sih JAMKOPNAS itu? Artikel kali ini akan menjelaskan apa itu JAMKOPNAS dan bagaimana kesan delegasi dari KOPMA FE UII yang mengikutinya.

Jambore Kopma Nasional (JAMKOPNAS) merupakan event besar tahunan untuk seluruh Koperasi Mahasiswa yang ada di Indonesia. Kegiatan ini berada dibawah naungan Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (FKKMI) dan yang menjadi tuan rumah merupakan koperasi mahasiswa yang menjadi juara umum di tahun sebelumnya. Pada tahun ini, JAMKOPNAS dilaksanakan di Universitas Negeri Malang (UM). Jambore Kopma Nasional diadakan sebagai upaya untuk menjaga dan meningkatkan eksistensi Koperasi Mahasiswa saat ini.

Tahun ini, KOPMA FE UII mengirimkan 1 tim yang terdiri dari 3 delegasi untuk mengikuti JAMKOPNAS 2019. Mereka adalah Wening Destrina (Akuntansi 2017), Ritya Yulianda (Akuntansi 2017) dan Rahmatullah (Ilmu Ekonomi 2018). Mereka merupakan anggota KOPMA FE UII yang aktif dalam berbagai kegiatan yang diadakan oleh KOPMA FE UII.  Dalam kegiatan JAMKOPNAS tersebut, delegasi KOPMA FE UII didampingi langsung oleh Ketua Umum KOPMA FE UII yaitu Saudara M. Iqbal Nurfaizi

“Kesannya seru, bener-bener pengalaman yang mengesankan, dan gak bakal terlupakan. Mengenal banyak temen dari berbagai universitas di seluruh Indonesia, sharing kebudayaan dan bahasa, berbagi pengalaman organisasi terutama terkait KOPMA, jadi menambah relasi dan keluarga juga”. Kata Wening saat menyampaikan kesan mengikuti JAMKOPNAS 2019

Beberapa perlombaan yang ada saat JAMKOPNAS 2019 kemarin diantaranya adalah Coop-ArtCoop-PlanCoop-MediaCoop-SmartCoop-Debate dan Coop-Ambassador. “Walaupun belum bisa membawa piala, tapi banyak pengalaman yang kita dapat kan, kita jadi lebih tau mengenai perkoperasiaan, baik itu sejarah koperasi, perundang-undangan, dan tantangan serta peluang koperasi di masa sekarang atau pun kedepannya dan mengenal budaya daerah lain, tanpa memandang adanya perbedaan” ujar lelaki yang biasa disapa Ceng Rahmat itu.

Meskipun delegasi KOPMA FE UII belum mendapatkan kesempatan untuk menyandang juara pada JAMKOPNAS 2019, namun perjuangan dari teman-teman yang menjadi delegasi KOPMA FE UII harus selalu kita apresiasi. Karena sejatinya menang kalah itu adalah hal yang biasa terjadi dalam berkompetisi. (dnd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*